Surface = Display

Semua permukaan dapat dijadikan layar tampilan.. ah masa sichh..???

nah sebelum saya membahas konsep ini ada baiknya kita sama-sama menengok sekilas tentang sejarah layar sentuh atau bahasa bugisnya “Touchscreens”.. karena awal mula konsep ini yah dilatar belakangi oleh konsep pendahulunya yahh touchscreen itu sendiri.. okehh,, nda usah basa basi.. Yuk mari kita tengok sejarahnya..!!

“Pada tahun 1971, pertama kali “Touch Sensor” ini dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst (pendiri Elographics) sekaligus sebagai seorang instruktur di University of Kentucky. Sensor ini disebut “Elograph,” dan telah dipatenkan oleh University of Kentucky Research Foundation. “Elograph” ini tidak transparan seperti touchscreens modern, namun demikian elograph telah menjadi tonggak sejarah yang signifikan dalam teknologi touchscreen. Pada tahun 1974 touchscreen pertama sesunggunya yang telah dilengkapi dengan permukaan transparan dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst dan Elographics. Pada tahun 1977 Elographics dikembangkan dan dipatenkan dengan teknologi lima-kawat resistif, yaitu teknologi touchscreen yang paling populer digunakan saat ini.

Touchscreens akhirnya menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan menggunakan layar sentuh untuk sistem kios dalam pengaturan penjualan ritel dan pariwisata, pusat penjualan, ATM, dan PDA, di mana stylus kadang-kadang digunakan untuk memanipulasi GUI dan untuk memasukkan data. Popularitas ponsel pintar, PDA, game konsol portabel dan berbagai jenis peralatan informasi telah mendorong permintaan dan penerimaan touchscreens.”

yups itu dia awal mulanya.. okelah mari kita bahas mengenai konsep yang bakalan trend kedepan dan insya Allah akan melumat existensi n kepopuleran touchsreen..!! “Just touch a surface” klo orang barat bilang Lohh tinggal sentuh aja permukaannye.. yah teknologi ini memungkinkan kita bisa membuat semua permukaan menjadi Display.. okelah sekarang lagi ngetrend teknologi macam iPad, Galaxy Tab, Sony Tab, n beragam perangkat sejenisnya.. tapi nanti kita gak usah tuh nenteng iPad kemana2.. (sok2 biar dibilang anak gaul gitu) pokoknya ketemu meja bisa jadi display, ketemu bangku kuliah bisa jadi display, ketemu tembok bisa jadi display, ngaca depan cermin bisa jadi display, punya kacamata atau helm bisa jadi display.. keren yah..!! kita tunggu tanggal main nya.. klo referensi yang saya dapat klo nda salah yah dia katakan kayak gini “Dalam lima tahun ke depan, permukaan apa pun dapat dijadikan layar tampilan_(25 Prediksi Teknologi di Masa Depan)”… Jadi sekarang nikmati dulu deh sepuasnya klo punya iPad.. sebelum orang bilang “Masih jaman kah main iPad..?” ^_^
Wassalam..!!

Leave a comment